Bahaya Make-up Palsu

heyho! kali ini aku mau membahas sedikit tentang bahaya make up palsuu! yes, skr banyak bgt kan makeup palsu yg beredar dimanapun. di supermarket, salon, itc, mall, online, warung, hampir semua jualan makeup palsu.

kalian tau ngga sih klo akibat pake make up palsu itu bukan skr, melainkan 5-10 tahun lagi! dan bisa berakibat ke keturunan kita. hiiii ssereem kan..

ini adalah beberapa kandungan yang biasanya terdapat dalam make-up palsu :

1. Merkuri

Merkuri atau air raksa ini, sangat berbahaya jika digunakan secara teratur atau dalam jangka waktu yang lama. walaupun cuma dioles dikit seperti lipstik di bibir, tapi ternyata dapat meresap melalui pori-pori. Kandungan merkuri ini akan terbawa aliran darah dan masuk mengendap di dalam organ tubuh kita. lama kelamaan menjadi toksin dan dapat mengakibatkan kanker.

2. Asam Retinoad

Asam retinoat disebut juga tretinoin yang merupakan retinoid aktif turunan vitamin A dalam bentuk asam yang dibentuk dari all trans retinol atau retinoid dalam bentuk alkohol.

Bahayanya kalau pakai make up yang mengandung asam retinoat adalah dapat menimbulkan iritasi kulit. Yang sering muncul adalah terasa panas di kulit, menyengat, kulit menjadi kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit. Asam retinoat yang digunakan dalam jangka panjang dapat berpotensi menjadi zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

Pada ibu hamil, resikonya lebih besar yaitu dapat mengakibatkan cavat pada anaknya seperti bibir sumbing dan kelainan syaraf.

3. Hidroquinon

Hidroquinon adalah sejenis obat keras yang biasanya ditambahkan pada kandungan make up yang fungsinya untuk memutihkan kulit kita.  Karena fungsinya untuk memutihkan, dapat menghambat pengeluaran melanin yang menyebabkan flek hitam. Penggunaan hidroquinon biasanya harus dengan resep dokter, dan pemakaiannya tidak boleh lebih dari 2%. Pada makeup palsu, hidroquinon kadarnya bisa mencapai 5-10% yang dapat menyebabkan iritasi, kadar hormon tidak seimbang, dan kelainan kulit.

4. Rhodamin B

Rhodamin B biasanya ada pada pewarna tekstil, kertas, ataupun tinta. Rhodamin B ini banyak banget di pakai sebagai pewarna untuk lipstik palsu. Nah, bayangin kalau tertelan,resiko dapat ikut tertelan bersama makanan, minuman ataupun ludah kan besar banget. Padahal rhodamin B sangat bahaya jika masuk ke dalam organ tubuh kita.

Kalau rhodamin B ini dipakai secara terus menerus, akibatnya bisa iritasi di bibir ataupun bibir menjadi bengkak. Sedangkan jika digunakan dalam jangka waktu panjang, dapat mengganggu saluran pencernaan, liver hingga kanker. rhodamin B ini mengandung zat karsinogenik penyebab kanker.

serem banget kan guyss! makanya jangan pernah tergiur beli make up palsu yaahh... jaman now udah banyak bgt kok yg asli dalam negeri tapi warnanya bagus2, high pigmented dan high quality. inget yah, bahayanya bukan sekarang, bertahun2 kemudian. bahkan aku pernah liat di youtube ada yg pakai cat tembok dan air pipis untuk bikin lipstik palsu. udah gitu pabriknya kotorr bgt banyak kecoa, tikus dan binatang kotor lainnya.

Beberapa tips dari aku kalau belanja makeup biar ga tertipu :

1. kalau kamu belanja online, pastiin online shopnya udah terpercaya, harga gak mencurigakan, banyak testi dan berani money back guaranteed

2. kalau lipstick mac pasti harum vanilla ya girls, hehe.

3. jangan gampang percaya olshop yang bilang harga murah tapi asli. kalau harga gak wajar bisa jadi palsu.

4. kalau warna sama keterangan beda, itu udah pasti palsu. misal kamu mesen kylie koko k, ternyata yg dateng barangnya warna koko k tapi tulisannya lain, itu udah pasti palsu.

semoga kita semua terhindar dari barang barang palsu, apalagi yg masuk ke dalam tubuh kita. love you all, 😘😘

Comments

Popular Posts